Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
Daftar Akar Kata Pada AlQuran
Dipersembahkan oleh para sukarelawan yang hanya mencari kecintaan Allah semata

Al-Imran

dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

ayat 132

Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat.

Detail I'rāb Surat Ali Imran ayat 132

Ayat ini merupakan perintah untuk menaati Allah dan Rasul-Nya, dengan tujuan agar kaum Muslimin mendapatkan rahmat. Ayat ini melanjutkan rangkaian perintah yang mengarah pada kesalehan dan keberuntungan.


Kata

Jenis Kata

I'rab (Kedudukan)

Penjelasan

وَ

Huruf 'Athaf

Haraf 'Athf

Menghubungkan perintah ini dengan perintah takwa sebelumnya (ayat 130-131).

أَطِيعُوا

Fi'il Amr + Dhamir

Mabni 'Ala Ḥadzf an-Nūn

Fi'il Amr (Taatilah). وا adalah Fā'il.

اللَّهَ

Isim Jalalah

Manshub (Kedudukan Nashab)

Maf'ulun Bih pertama bagi أَطِيعُوا.

وَ

Huruf 'Athaf

Haraf 'Athf

Menghubungkan الرَّسُولَ dengan اللَّهَ.

الرَّسُولَ

Isim

Manshub (Kedudukan Nashab)

Maf'ulun Bih kedua bagi أَطِيعُوا (Di-'athf-kan kepada اللَّهَ).

لَعَلَّكُمْ

Huruf Nāsiqah + Dhamir

لَعَلَّ adalah Haraf Tarajjī wa Nashb (Harapan). كُمْ adalah Isim dari لَعَلَّ.

تُرْحَمُونَ

Fi'il Mudhāri' Majhūl

Marfu' (Kedudukan Rafa')

Fi'il Mudhāri' Majhūl. Tanda rafa'-nya tsubūt an-nūnوا adalah Nā'ibul Fā'il.

تُرْحَمُونَ

Jumlat Fi'liyyah

Fi mahalli Rafa'

Khabar dari لَعَلَّ.


📝 Catatan Penting Mengenai I'rab:

  1. Pengulangan Perintah: Perintah menaati Allah dan Rasul-Nya diletakkan setelah larangan riba dan perintah takwa (ayat 130-131) untuk menegaskan bahwa ketaatan adalah dasar dari semua hukum tersebut.

  2. Lā'alla (لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ): Lā'alla di sini menunjukkan Tarajjī (harapan), yang dalam konteks Allah SWT bermakna Taḥqīq (kepastian), yaitu: Jika kalian menaati, pasti kalian akan dirahmati.

  3. Fi'il Majhūl (تُرْحَمُونَ): Penggunaan Fi'il Mudhāri' Majhūl (pasif) menekankan bahwa rahmat (الرَّحْمَةُ) adalah anugerah yang datang dari pihak lain (Allah), bukan dicapai murni dari usaha manusia.